Powered by Blogger.

JUMLAH PENGUNJUNG

TERJEMAHKAN

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

KALIMAT TANYA

Kalimat tanya adalah kalimat yang disampaikan dengan maksud mendapat jawaban berupa informasi, penjelasan, atau pernyataan. Kalimat tanya ada beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

a. Kalimat Tanya Biasa

Salah satu ciri kalimat tanya adalah menggunakan kata tanya. Kata tanya biasanya digunakan untuk pertanyaan yang bertujuan meminta penjelasan atau menggali informasi.

b. Kalimat Tanya Retorik

Kalimat tanya retorik adalah kalimat tanya yang tidak memerlukan jawaban atau tidak mengharuskan adanya jawaban. Kalimat tanya retorik cenderung bersifat pernyataan hanya untuk mencari perhatian atau bermaksud memberi semangat, gugahan, atau kritik. Kalimat tanya retorik sering digunakan dalam pidato-pidato atau orasi. Ciri-ciri kalimat tanya retorik:
  •  berbentuk pertanyaan dan penegasan,
  •  terkadang menggunakan kata tanya,
  •  tidak memerlukan jawaban,
  • orang yang bertanya dan yang ditanya sama-sama mengetahui jawabannya.
c. Kalimat Tanya untuk Konfirmasi dan Klarifikasi

Untuk melakukan klarifikasi (penjernihan) maupun konfirmasi pembenaran/penegasan), kita perlu mengajukan pertanyaan yang jawabannya cukup perkataan ya atau tidak, atau ya atau bukan.

d. Kalimat Tanya Tersamar


Kalimat tanya tersamar adalah kalimat yang berisi pertanyaan yang diajukan secara tidak langsung bukan untuk menggali informasi, klarifikasi, dan konfirmasi melainkan mengandung maksud-maksud lain.

Kata-kata tanya yang biasa digunakan dalam sebuah kalimat tanya, dapat digolongkan berdasarkan sifat dan maksud pertanyaan, yaitu sebagai berikut.

a. Apa

Kalimat tanya dengan kata tanya apa menanyakan benda, keadaan, atau perbuatan. Jawaban dari kata Tanya apa berupa benda atau pengertian.
Contoh : Apa kabarmu?

b. Bagaimana

Kalimat tanya dengan kata tanya bagaimana menanyakan penjelasan tentang suatu hal. Jawaban dari kata tanya bagaimana berupa penjelasan atau uraian tentang hal yang ditanyakan.
Contoh : Bagaimana kabar ayahmu?
 
c.Dimana

Kalimat tanya dengan kata tanya di mana menanyakan tentang tempat sesuatu benda berada. Jawaban dari kata tanya di mana berupa keterangan tempat atau nama sebuah tempat.
Contoh : Dimana tempat tinggalmu?

d. Mengapa

Kalimat tanya dengan kata tanya mengapa menanyakan alasan atau sebab timbulnya suatu masalah atau peristiwa dalam bacaan. Alasan yang dikemukakan dalam kalimat jawaban ditandai dengan adanya kata karena atau sebab.
Contoh : Mengapa kamu kesiangan?
 
e. Berapa
 
Kalimat tanya dengan kata tanya berapa menanyakan jumlah. Jawaban dari kata tanya tersebut berupa jumlah atau bilangan. 
Contoh : Berapa harga buku ini?

f. Kapan
 
Kalimat tanya dengan kata tanya kapan menanyakan waktu. Jawaban dari kata tanya tersebut berupa waktu.
Contoh : Kapan pergelaran seni itu dimulai?
 
 g. Siapa
 
Kalimat tanya dengan kata tanya siapa menanyakan orang. Jawaban dari pertanyaan tersebut berupa orang.
Contoh : Siapa yang menjadi ketua organisasi tersebut?
StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit GoogleTwitter FaceBook

Anda sedang membaca artikel tentang KALIMAT TANYA dan anda bisa menemukan artikel KALIMAT TANYA ini dengan url http://fauzanulhasan.blogspot.com/2012/11/kalimat-tanya.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel KALIMAT TANYA ini sangat bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link KALIMAT TANYA sumbernya.

ARTIKEL DALAM SATU LABEL



0 comments:

FOLLOW THIS

LIKE THIS

POST TERBARU

DAFTAR ISI

  • PKn

  • B. INDONESIA

  • MATEMATIKA

  • IPA

  • IPS




  • Download

  • Media Pembelajaran

    Kategori

    B.Indonesia (1) download (3) Informasi (8) ipa (3) ips (4) matematika (1) media pembelajaran (4) pkn (3) Soal (2) software (1) UN (9)
     
    Blog Ping Tool